Pengaruh Tingkat Pelayanan Jasa Servis Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bengkel Yamaha Duta Kiat Motor Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam
Main Author: | Irna Laila, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29775/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29775/2/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29775/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Irna Laila (2020): Pengaruh Tingkat Pelayanan Jasa Servis Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bengkel Yamaha Duta Kiat Motor Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan antara perusahaan yang semakin ketat, persaingan antara perusahaan tersebut tidak terkecuali dengan bengkel sepeda motor. Kepuasan konsumen menjadi sasaran dan sebagai alat pemasaran yang utama bagi perusahaan dalam bidang jasa servis di Bengkel Yamaha Duta Kiat Motor Pekanbaru melakukan berbagai upaya untuk dapat bersaing dan bertahan menghadapi persaingan yaitu memberikan pelayanan sebaik-baiknya, namun tidaklah gampang untuk mewujudkan kepuasan konsumen secara menyeluruh. Pada kenyataannya Bengkel Yamaha Duta Kiat Motor Pekanbaru masih menerima keluhan dari konsumen dan jumlah konsumen mengalami fluktuasi setiap bulannya. Maka dirumuskan rumusan masalah yaitu Bagaimana pengaruh tingkat pelayanan jasa servis terhadap kepuasan konsumen di Bengkel Yamaha Duta Kiat Motor Pekanbaru, dan Bagaimana tinjauan ekonomi islam mengenai pengaruh tingkat pelayanan jasa servis terhadap kepuasan konsumen di Bengkel Yamaha Duta Kiat Motor Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.443 orang dengan sampel 97 orang konsumen bengkel yamaha duta kiat motor pekanbaru. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data Accidental Sampling dan menggunakan rumus slovin. Dari hasil penelitian, berdasarkan analisis regresi linear sederhana diketahui 36,3% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh pelayanan. Selanjutnya menggunakan uji t bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 4,536>1,661 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji determinasi dapat diketahui besarnya pengaruh variabel bebas (tingkat pelayanan) terhadap variabel terikat (kepuasan konsumen) ada 17,8% sedangkan sisanya 82,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Ditinjau dari ekonomi Islam, pelayanan yang diberikan oleh pihak bengkel sudah sesuai dengan prinsip syariah dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Dalam islam sangat penting memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan membuat konsumen merasa nyaman. Kata kunci: Tingkat Pelayanan, Kepuasan Konsumen