PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Main Author: | Efni Akmala Sari, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29725/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29725/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29725/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Efni Akmala Sari, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kampar Timur. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 63 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah obsevasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis pretest hasil belajar siswa, analisis postest hasil belajar siswa, dan uji pengaruh (effect-size). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas control, pada kelas eksperimen sebesar 80,935, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78,125. Berdasarkan analisis uji-t antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,0171 > 1,670 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: Model Numbered Head Together - Hasil Belajar