Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Omzet Penjualan Pada Rotte Bakery Di Jalan Bukit Barisan Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah
Main Author: | Indyarti, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29698/1/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29698/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29698/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Indyarti, (11625204351) : Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Omzet Penjualan Pada Rotte Bakery Di Jalan Bukit Barisan Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Omzet penjualan merupakan salah satu prioritas utama yang harus dicapai oleh suatu perusahaan demi mempertahakan keberlangsungan usahanya. Hal utama yang dapat mendorong proses tercapainya omzet penjualan adalah dengan perusahaan harus mengorbankan atau mengeluarkan modal untuk biaya produksi yang akan digunakan untuk menjalankan kegiatan produksi serta mengerluarkan biaya promosi yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan memperkenalkan produk dari perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan karena terjadinya peningkatan dan penurunan jumlah omzet penjualan pada Rotte Bakery di jalan Bukit Barisan Pekanbaru dari bulan Maret 2017 - Agustus 2019. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis biaya produksi dan biaya promosi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap omzet penjualan pada Rotte Bakery di jalan Bukit Barisan Pekanbaru, dan mengetahui tinjauan menurut ekonomi syariah tentang pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap omzet penjualan pada Rotte Bakery di jalan Bukit Barisan Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah biaya produksi, biaya promosi dan jumlah omzet penjualan pada Rotte Bakery di jalan Bukit Barisan Pekanbaru dengan menggunakan teknik Sampling Total dimana peneliti mengambil sampel seluruh populasi di bawah 100 akan dilakukan dengan sensus sehingga seluruh populasi tersebut akan peneliti jadikan sebagai sampel. Sampel ditentukan dengan teknik skala rasio yang menggunakan nilai absolute (nilai uang). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel, variabel independen (X) dalam penelitian ini yaitu biaya produksi (X1) dan biaya promosi (X2), sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini yaitu omzet penjualan (Y). Teknik analisa data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kuantitatif dan dengan Analisis Linear Berganda menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian uji t menunjukkan biaya produksi dan biaya promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan. Hasil uji F menunjukkan biaya produksi dan biaya promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan. Hasil koefisien regresi determinasi (R2) menunjukkan 83,1% bahwa omzet penjualan dipengaruhi oleh biaya produksi dan biaya promosi, 16,9% omzet penjualan dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Tinjauan perspektif ekonomi syariah terhadap pengaruh biaya produksi dan biaya promosi pada Rotte Bakery di jalan Bukit Barisan Pekanbaru telah menerapkan prinsip ekonomi syariah. Kata Kunci : Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Omzet Penjualan.