Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (Lvq) Berdasarkan Ulasan Di Google Play Store

Main Author: Bunga Faradilla, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29632/1/File%20lengkap%20sampai%20lampiran%20kecuali%20hasil%20penelitian.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29632/2/File%20hasil%20penelitian%20%28BAB%20IV%20%26%20V%29.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29632/
Daftar Isi:
  • Traveloka merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan pemesanan tiket pesawat, kereta api dan reservasi hotel secara online. Aplikasi traveloka telah memberikan berbagai macam kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna. Akan tetapi, kemudahan yang di berikan belum tentu membuat pengguna merasa terpuaskan. Dengan adanya kolom komentar pada google play store, pengguna dapat memberikan review terhadap aplikasi yang telah di install. Namun, saat ini terdapat beberapa pengguna yang memberikan rating tertinggi, tetapi berisi review negatif. Sehingga, untuk mempermudah pihak terkait dalam mendapatkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari aplikasinya, maka di lakukan analisis sentimen untuk klasifikasi data review ke dalam kelas positif dan negatif berdasarkan variabel rating dan review. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah learning vector quantization (LVQ) dengan jumlah data sebanyak 350 data. Adapun pembagian data yaitu 80% data latih dan 20% data uji. Training dengan menerapkan nilai α sebesar 0.01, pengurangan α sebesar 0.1, minimal α sebesar 0.001, 0.003, dan 0.005, menghasilkan nilai akurasi tertinggi sebesar 95%. Dan setelah diterapkan pada pengujian data testing menghasilkan nilai akurasi sebesar 89%. Kata kunci : Google play store, analisis sentimen, klasifikasi, traveloka, LVQ