PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SIMPANG GAUNG INDRAGIRI HILIR

Main Author: Wina Fitaloka, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29593/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29593/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29593/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wina Fitaloka (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung Indragiri Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung yang berjumlah 59 siswa. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe listening team dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari uji t yaitu thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,003<3,097>2,665) yang berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe listening team sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Listening Team, Pemahaman