Desain dan Uji Coba Coba Modul dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Larutan Penyangga
Main Author: | SILVIA ANISAH, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29536/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29536/2/SILVIA%20ANISAH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29536/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Silvia Anisah, (2020): Desain dan Uji Coba Coba Modul dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Larutan Penyangga. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum tersedianya modul dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) sebagai sumber belajar mandiri siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan modul dengan pendekatan SETS pada materi larutan penyangga dan mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, serta respon siswa terhadap modul yang dihasilkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian adalah 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 2 guru kimia, dan 10 siswa kelas XII IPA 3 SMAN 1 Kampar Timur. Objek penelitian adalah modul dengan pendekatan SETS pada materi larutan penyangga. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket uji validitas, angket uji praktikalitas, angket uji respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas modul diperoleh sebesar 88,65% (sangat valid), tingkat praktikalitas diperoleh sebesar 88,30% (sangat praktis), dan respon siswa terhadap modul diperoleh persentase sebesar 82,30% (sangat baik). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul dengan pendekatan SETS pada materi larutan penyangga dapat diujicobakan secara lebih luas. Kata kunci : Modul, SETS, Larutan Penyangga.