Efektivitas Pendekatan Client Centered Melalui Teknik Empathy Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Pekanbaru

Main Author: Cicha Agrianti, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29534/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29534/2/CICHA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29534/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Cicha Agrianti, (2020): Efektivitas Pendekatan Client Centered Melalui Teknik Empathy Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang percaya diri sehingga dapat menghambat perkembangan prestasidi Sekolah Menegah Kejuruan Telekomunikasi Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaandiri siswa sebelum dan sesudah diberi layanan konseling kelompok dengan pendekatan Client Centered melalui teknik Empathy. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pre-eksperimen dengan jenis The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 257 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Pekanbaru. Sampel diambil sebanyak 10 siswa yang mengalami masalah tentang kepercayaan diri rendah melalui teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan Uji Wilcoxon’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaandiri siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Client Centered melalui teknik Empathy berada dikategori sangat rendah dengan presentase 45.40% dan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Client Centered melalui teknik Empathy kepercayaandiri siswa mengalami peningkatan menjadi 75,95%, maka dapat dikatakanadanya perbedaan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Client Centered melalui teknik Empathy Therapy dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang dilihat dari angka probalitas Asyimp. Sig(2-tailed) 0,005<0,05 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Pendekatan Client Centered dengan Teknik Empathy, dan Kepercayaan Diri