MODEL AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BERTANYA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Main Author: Nur Mala Nasution, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29469/1/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29469/2/GABUNGAN%20.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29469/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nur Mala Nasution, (2019): Model Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih dalam Mengembangkan Keaktifan Bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al- Muttaqin Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya.Subjek penelitian ini adalah guru Fikih Al-Muttaqin Pekanbaru.Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fikih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasilnya untuk mendapatkan data apakah model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih berhasil dalam mengembangkan keaktifan bertanya. Berdasarkan analisis data di peroleh model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru di kategorikan BAIK dengan hasil observasil guru 75% berada pada rentang 61% sampai dengan 80% . Faktor- faktor internal yang mempengaruhi model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru meliputi faktor intelegensi siswa dan motivasi siswa. Faktor- faktor eksternal yang mempengaruhi model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru meliputi kemampuan guru dan ketersedian sumber dan media belajar. Kata Kunci: Model, Aktivitas Belajar, Mengembangkan, Kekatifan Bertanya