PERAN PUBLIC RELATIONS YAYASAN ROTTE INDONESIA MULYA (ROTTE FOUNDATION) PEKANBARU DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PEDULI PENDIDIKAN

Main Author: Rizky Prima Andika, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29431/3/BAB%20I%20-%20VI%20Rizky%20prima%20%281%29_compressed.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29431/2/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29431/
Daftar Isi:
  • Nama : Rizky Prima Andika Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Peran Public Relations Yayasan Rotte Indonesia Mulya Rotte Foundation Pekanbaru dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) Peduli Pendidikan Sebagai perusahaan yang masih baru dalam persaingan bisnis roti, PT. Rotte Ragam Rasa (Rotte Bakery) sudah mengalokasikan keuntungan bisnisnya untuk dana CSR (corporate social responsibility). Dana ini disalurkan melalui yayasan yang didirikan oleh Rotte Bakery sendiri yaitu Yayasan Rotte Indonesia Mulya (Rotte Foundation). CSR merupakan salah satu program public relations (PR). Agar program CSR berjalan lancar dan sesuai dengan visi misi perusahaan keberadaan public relations dibutuhkan dalam pelaksanaan program CSR Peduli Pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran public relations Yayasan Rotte Indonesia Mulya (Rotte Foundation) Pekanbaru dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) Peduli Pendidikan. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara (depth interview), observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 4 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan humas Rotte Foundation berperan sebagai communication technician role yang bertugas untuk publikasi kegiatan program CSR Peduli Pendidikan. Publikasi dilakukan melalui press release dan melalui media sosial dan website perusahaan. Humas Rotte Foundation menggunakan story telling melaui media sosial untuk menumbuhkan simpati masyarakat terhadap Program Peduli Pendidikan. Humas tidak dilibatkan dalam communication manager role, Peran ini dijalankan oleh Manager Program Kata Kunci : Peran Public Relations, Public Relations, CSR