Bimbingan Agama dalam Meningkatkan Regulasi Diri Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru
Main Author: | IVO RANTIKA, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29412/1/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29412/2/IVO%20RANTIKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29412/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK NAMA : Ivo Rantika PRODI : Bimbingan Konseling Islam JUDUL : Bimbingan Agama dalam Meningkatkan Regulasi Diri Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan bimbingan agama dalam meningkatkan regulasi diri anak didik yang dilakukan oleh Pembimbing Agama dan peserta anak didik yang melakukan kegiatan agama. Pembimbing sangat berperan penting dalam membimbing anak didik dalam meningkatkan regulasi yang anak didik miliki agar tercapainya tujuan dan menjadi diri yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan agama dalam meningkatkan regulasi diri anak di lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah dua orang Pembimbing yang ada di LPKA dan tiga orang anak didik yang ikut serta dalam kegiatan bimbingan agama. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan agama meningkatkan regulasi diri anak didik meliputi: membiasakan disiplin sholat lima waktu, baca tulis Al-Qur’an, pengajian seperti: akidah, akhlak, dan ibadah. Metode yang digunakan yaitu seperti ceramah dan nasehat. Kegiatan bimbingan agama yang dilakukan sebagai sumber pegangan agama bagi anak didik. Anak didik yang aktif dalam mengikuti bimbingan agama dapat meningkatkan regulasi diri anak didik. Tetapi untuk anak didik yang tidak seberapa aktif dalam menikuti kegiatan bimbingan agama tidak sepenuhnya bisa seperti anak didik yang aktif. Kata Kunci: Bimbingan Agama, Regulasi Diri