THE INFLUENCE OF EMOTIONAL INTELLIGENCE AND SELF-EFFICACY ON THE FIRST YEAR STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT UNIVERSITY OF PASIR PENGARAIAN
Main Author: | Azi Nurazima Juhastri, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29262/1/Tesis%20Azi%20Bab%201%2C2%2C3%2C5%20Dan%20Lampiran.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29262/2/Tesis%20Azi%20Bab%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29262/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri pada pemahaman membaca siswa tahun pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Jumlah populasi sebanyak 306 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 105 siswa. Dalam mengumpulkan data, digunakan angket dan tes pemahaman membaca siswa. Analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap pemahaman membaca dan nilai korelasinya adalah 0,454, nilai Sig. (2-arah) adalah 0,000. Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kecerdasan emosi siswa dan pemahaman membaca adalah cukup. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan kecerdasan emosional siswa dan efikasi diri pada pemahaman membaca siswa. Hal tersebut diketahui berdasarkan skor "sig." skor sig. adalah 0,000 dan 0,007, berarti bahwa itu lebih rendah dari 0,05, jadi, itu secara signifikan mempengaruhi pemahaman membaca siswa dan itu dikategorikan ke dalam tingkat tinggi.