PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI GAYA MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Main Author: MUHAMMAD LUKMAN, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29245/1/TESIS%20MUHAMMAD%20LUKMAN%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29245/2/19.%20BAB%20IV%20MUHAMMAD%20LUKMAN%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29245/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik dan Variasi Gaya Mengajar terhadap Morivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri SeKecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel menggunakan random sampling. Teknik analisasis data menggunakan analisis regresi sederhana, regresi berganda dan koofisien determinasi R . Hasil penelitian, Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se- Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dengan tingkat pengaruhnya 0,279 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri se- Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dengan tingkat pengaruhnya 0,226 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran pendekatan saintifik dan variasi gaya mengajar terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan persentase angka R 2 (R square) sebesar 0,090 atau (9%). Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen pembelajaran pendekatan saintifik dan variasi gaya mengajar terhadap variabel dependen motivasi belajar siswa sebesar 9%. Sedangkan sisanya sebesar 91% dipengaruhi oleh variabel lain. 2