KORELASI ANTARA PEMAHAMAN MATERI ADAB MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PENERAPANNYA DALAM KEGIATAN PEMBINAAN BACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU
Main Author: | Lestari Kurnia Mukri, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29134/1/13.%20BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29134/2/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29134/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lestari Kurnia Mukri, (2020): Korelasi antara Pemahaman Materi Adab Membaca Al-Qur’an dengan Penerapannya dalam Kegiatan Pembinaan Baca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar korelasi antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala yang menunjukkan bahwa pemahaman materi adab membaca al-Qur’an siswa baik, sedangkan penerapan adab membaca al-Qur’an dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an siswa kurang baik. Subjek penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah korelasi antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII berjumlah 204 siswa. Sampel penelitian diambil 25% atau 51 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment maka dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% (0.572>0.276) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Berdasarkan penentuan tingkat korelasi yang dilakukan dengan interpretasi nilai r product moment terdapat korelasi yang cukup kuat antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an dengan nilai korelasi yang dihasilkan sebesar 0.572 yang berada pada pada rentang 0.400-0.700 dikategorikan korelasi yang cukup kuat. Kata Kunci: Korelasi, Pemahaman Materi, Adab Membaca Al-Qur’an, Penerapan.