ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA SMA NEGERI 1 KAMPAR

Main Author: Nur Asuro, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29118/1/hasil%20dan%20pembahasan.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29118/2/SKRIPSI%20BURNING.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29118/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nur Asuro, (2020): Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA Negeri 1 Kampar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self concept siswa pada materi program linear. Kemampuan Komunikasi Matematis (KKM) adalah salah satu kompetensi matematis yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu faktor yang dibutuhkan siswa adalah self concept. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas XI MIPA 2. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis pada materi program linear berupa 4 butir soal berbentuk uraian, angket self concept dan wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan self concept tinggi mampu memenuhi semua indikator KKM. Adapun subjek dengan self concept sedang hanya mampu memenuhi beberapa indikator dimana subjek lebih banyak menguasai indikator drawing dan mathematical expression daripada indikator written text. Kemudian, subjek dengan self concept rendah hampir semua indikator belum terpenuhi. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Self Concept, Program Linear, Analisis