Efektivitas Teknik Role Playing dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Siswa dalam Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru

Main Author: LARAS INDAH KUSUMA WARDHANI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29101/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29101/2/LARAS.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29101/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Laras, (2020): Efektivitas Teknik Role Playing dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Siswa dalam Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktualisasi diri siswa yang rendah dalam belajar sebelum dan sesudah diberi teknik Role Playing dalam layanan konseling kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment Design dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini berjumlah 10 orang siswa yang memiliki aktualisasi diri dalam belajar yang rendah diambil melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket tertutup, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan Uji Wilcoxon’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktualisasi diri siswa dalam belajar sebelum diberikan teknik Role Playing dalam layanan konseling kelompok berada dikategori sangat rendah dengan rata-rata 48,4 dan setelah diberikan teknik Role Playing dalam layanan konseling kelompok mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 131,3. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan Teknik Role Playing dalam Layanan Konseling Kelompok efektif terhadap peningkatan aktualisasi diri siswa dalam belajar yang dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig (2-tailed) 0,005<0,05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Role Playing, Layanan Konseling Kelompok, Aktualisasi Diri dalam Belajar