Efektivitas Penggunaan Metode Samiyyah Syafawiyah Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII Mts Islamic Centre Al-Hidayah Kampar
Main Author: | Wilya Fitriani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/29028/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29028/2/WILYA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/29028/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wilya Fitriani, (2020): Efektivitas Penggunaan Metode Samiyyah Syafawiyah Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII Mts Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode samiyyah syafawiyah dengan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah islamic Centre al-hidayah, kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode samiyyah syafawiyah dengan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah islamic Centre al-hidayah kampar?” Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian angket. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah, Kampar tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel siswa kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII4 dan VIII5 Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah, Kampar. Objek penelitian ini Efectivitas Penggunaan Metode Samiyyah Syafawiyah Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan angket. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan Metode Samiyyah Syafawiyah Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Karena nilai Post Test= 85.91% lebih besar dari Pre Test= 60.84%. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan Metode Samiyyah Syafawiyah Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Samiyyah Syafawiyah, Model Pembelajaran Course Review Horay, Motivasi Belajar Bahasa Arab.