Efektivitas Teknik Konseling Realitas dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Main Author: RINI SURIANI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28984/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28984/2/RINI%20SURIANI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28984/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rini Suriani, (2020) : Efektivitas Teknik Konseling Realitas dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Konseling Realitas dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain the one grup pre-test-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian adalah efektivitas teknik konseling realitas dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang memiliki masalah dalam tanggung jawab belajar sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa yaitu satu kelas eksperimen yang merupakan penelitian sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliabititas dengan menggunakan SPSS 21.0 For Windows 2020. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji SPSS For Wilxoson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab belajar siswa kelas XI sebelum diberikan perlakuan dengan konseling kelompok dengan teknik konseling realitas kategori rendah dengan skor rata-rata 62.2 dan setelah diberikan perlakuaan dengan konseling kelompok dengan teknik konseling realitas mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 102.5. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test, artinya teknik konseling realitas efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas XI dilihat dari hasil analisis data bahwa probabilitas Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,005, Sehingga disimpulkan bahwa "hipotesis alternatif diterima", maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Konseling Realitas, Konseling Kelompok, Tanggung Jawab Belajar