Hubungan antara Pandangan Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa dan Kemampuan Berbicara Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru

Main Author: Annisa Fadilla Suci, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28942/1/ANNISA%20FADILA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28942/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28942/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Annisa Fadilla Suci (2020): Hubungan antara Pandangan Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa dan Kemampuan Berbicara Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan tujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pandangan siswa terhadap pembelajaran bahasa dan kemampuan berbicara mereka tentang teks deskriptif di kelas sepuluh SMAIT Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh yang terdiri dari 4 kelas. Total populasinya adalah 80 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling untuk mengambil sampel dengan jumlah 80 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket dari Elaine Horwitz (1988) untuk mengukur pandangan siswa terhadap pembelajaran bahasa, dan tes berbicara untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbicara. Peneliti menganalisa data menggunakan rumus product moment pada aplikasi SPSS Versi 21.0. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa nilai rata-rata dari Pandangan siswa terhadap pembelajaran bahasa sebesar 70.29 (level cukup baik), sedangkan kemampuan berbicara mereka sebesar 58.70 (level rendah). Dalam hal hubungan antara pandangan siswa terhadap pembelajaran bahasa dan kemampuan berbicara mereka, peneliti menemukan bahwa nilai sig. (2-tailed) < α = 0.000 < 0.005. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, peneliti menemukan bahwa nilai koefisien korelasi (r) adalah 0.835 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kedua variable. Peneliti juga menemukan bahwa 69.7% dari kemampuan berbicara dipengaruhi oleh pandangan siswa terhadap pembelajaran bahasa dan 30.3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Berdasarkan hasil penemuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pandangan siswa terhadap pembelajaran bahasa dan kemampuan berbicara mereka di SMAIT Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Kata kunci: Hubungan, Pandangan, Kemampuan berbicara