Kemampuan Siswa Memahami Materi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat melalui Media Audio Visual di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Pantai Raja Kabupaten Kampar

Main Author: Azhar Muda Harahap, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28930/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28930/2/AZHAR%20MUDA%20HARAHAP.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28930/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Azhar Muda Harahap (2020):Kemampuan Siswa Memahami Materi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat melalui Media Audio Visual di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Pantai Raja Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa di MTs Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Pantai Raja Kabupaten Kampar belum secara baik memahami materi pembelajaran Fiqih materi shalat melalui madia audio visual. Sedangkan dalam penyampaian materi pembelajaran guru telah menggunakan media audio visual dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa memahami materi pembelajaran Fiqih bab shalat melalui media audio visual di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Pantai Raja Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 119 santri dan sampel yang diambil sebesar 40% berjumlah 48 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa memahami materi pembelajaran Fiqih Bab Shalat melalui media audio visual di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Pantai Raja Kabupaten Kampar dikategorikan Sangat Tinggi dengan hasil rata-rata 83,54. Kata Kunci: Memahami, materi pembelajaran Fiqih, Media Audio visual.