STUDI KELAYAKAN PENERAPAN E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU

Main Author: ANGGA EFRIANSYAH, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28923/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28923/2/BAB%204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28923/
Daftar Isi:
  • STUDI KELAYAKAN PENERAPAN E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU ANGGA EFRIANSYAH NIM: 11553105096 Tanggal Sidang: 10 Juni 2020 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan sistem e-learning schoology dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif siswa. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan elearning schoology pada kelompok eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan posttest untuk belajar hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan pertama, penerapan e-learning schoology pada mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru termasuk dalam kategori cukup efektif. Diperoleh Dari hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,43% lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 37,22%. Kedua, berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dan disimpulkan sebagai terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan e-learning schoology dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: E-learning, Schoology, Efektifitas, Eksperimen Semu, Hasil Belajar