Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviot Therapy dalam Layanan Konseling Individual untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru
Main Author: | Riyan Nofriyanto, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/28820/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28820/2/RIYAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28820/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Riyan Nofriyanto (2020) : Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviot Therapy dalam Layanan Konseling Individual untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling individual untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di sekolah menengah atas neggeri 6 pekanbaru pada tahun ajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah pre-eksperiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan objek penelitian ini adalah efektivitas pendekatan rational emotive behavior therapy dalam Layanan Konseling Individual untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di sekolah menengah atas negeri 6 pekanbaru dan sampel diambil 7 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memberikan treatment atau perlakuan kepada 7 orang siswa di dalam konseling inidividual. Eksperimen ini dilakukan sebanyak 4 kali dengan menerapkan pendekatan rational emotive behavior therapy dalam konseling individual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angekt dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan wilcoxon. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rasa percaya diri siswa sebelum dan sesudah diberikan pndekatan rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling individual untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan nilai output “Test Statistics” diketahu Asym Sig (2-tailed) bernialai 0,018. Karena nilai 0,018 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan rational emotive behavior therapy dalam layanan konseling individual efektiv untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Kata Kunci : Efektivitas, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy, Rasa Percaya Diri.