trategi Marketing Mix Pengusaha Tahu Sumedang Renyah Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Main Author: RULLI.Z, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28670/1/bab%20iv.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28670/2/Skripsi%20Rulli.%20Z.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28670/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Strategi Marketing Mix Pengusaha Tahu Sumedang Renyah Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana penerapan strategi marketing mix didalam sebuah usaha, di dalam membuka usaha kita memerlukan ide atau pemikiran yang luas, Maka dari itu haruslah diketahui karakteristk pasar serta struktur pasar yang dihadapi. Marketix mix sendiri didasari pada unsur produk, harga, promosi, tempat. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan daya beli konsumen dengan menggunakan strategi marketing mix dan juga tinjauan Ekonomi Islam yang ada pada toko Tahu Sumedang Renyah di Sungai Pinang dan Rimbo Panjang. Penelitian ini bersifat lapangan, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, studi perpustakaan, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari tempat penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, dokumen, dan hal-hal yang terkait dengan penelitian ini. Metode analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu ketika data berhasil ditemukan maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara jelas dan dapat dipahami. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 7 orang yang terdiri dari 1 (satu) pimpinan usaha tahu Sumedang renyah dan 6 (enam) karyawan tahu Sumedang Renyah dan teknik pengambilan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Hasil penelitian yang penulis peroleh di lapangan, bahwa toko tahu Sumedang Renyah yang ada di Sungai Pinang lebih baik dari toko yang ada di Rimbo Panjang. Baik dari segi produk yang lebih lengkap, tempatnya juga sangat strategis serta persediaan tempat untuk pengunjung juga leluasa, maka dari itu untuk meningkatkan penjualan tahu Sumedang Renyah yang ada di Rimbo Panjang perlu ditingkatkan lagi strategi marketing mix, agar pelanggan dan omset penjualan meningkat. Dari perspektif Ekonomi Islam strategi marketing mix yang diterapkan oleh toko tahu Sumedang Renyah adalah penerapan keadilan. Keadilan yang dimaksud yakni pembagian manfaat pada semua komponen yang terlibat dalam artian semua karyawan yang bekerja di beri keadilan berupa pendapatan gaji dan bonusnya, tidak ada penundaan dalam penggajian. Kata kunci : Marketing Mix, Tahu Sumedang, Daya Beli, Ekonomi Islam