Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Habits of Mind Siswa SMP/MTs
Main Author: | Dina Aqny Zulfaini, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/28639/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28639/2/DINA%20AQNY%20ZULFAINI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28639/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dina Aqny Zulfaini, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Habits of Mind Siswa SMP/MTs. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa SMP Negeri 10 Tapung yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup rendah dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Habits of Mind tinggi, sedang, dan rendah serta mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model dalam pembelajaran dengan Habits of Mind terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Factorial Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa SMP Negeri 10 Tapung kelas VIII A dan VIII B Tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara cluster random sampling yaitu beberapa siswa pada kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas ekperimen, dengan jumlah siswa didapat dari hasil perhitungan Slovin dan pemilihan siswa dengan cara undian. Pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket habits of mind. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional di SMP Negeri 10 Tapung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki habits of mind tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 10 Tapung; 3) Tidak Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan Habits of Mind terhadap kemampuan Komunikasi siswa di SMP Negeri 10 Tapung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis, Habits of Mind.