Pengaruh Penerapan Kerangka Pembelajaran ELPSA dalam Model Pembelajaran VAK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA Pada Materi Laju Reaksi
Main Author: | Musdalifah, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/28629/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28629/2/MUSDALIFAH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28629/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Musdalifah, (2020): Pengaruh Penerapan Kerangka Pembelajaran ELPSA dalam Model Pembelajaran VAK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA Pada Materi Laju Reaksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI MIA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kerangka pembelajaran ELPSA dalam model pembelajaran VAK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Exsperiment dengan pretest-posttest control group design menggunakan teknik pengambilan sampelnya simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 12,374 dan ttabel= 1,996 pada taraf signifikan 5%. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Ini artinya terdapat pengaruh kerangka pembelajaran ELPSA dalam model pembelajaran VAK terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi guru agar dapat menerapkan model pembelajaran dalam melihat keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: ELPSA, Visualization Auditory Kinesthetic, Kemampuan Berpikir Kritis, Laju Reaksi