IMPELMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BNI SYARIAH KC PANAM ARENGKA

Main Author: GINA SYAH’BANI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28571/1/SKRIPSI%20GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28571/2/HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28571/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK GINA SYAH’BANI : ” IMPELMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BNI SYARIAH KC PANAM ARENGKA” Perekonomian indonesia pada saat krisis global melanda adalah sektor ekonomi mikro dan kecil, selain itu kemampuan untuk bertahan dalam dunia bisnis salah satunya adanya modal. Berkaitan dengan modal tersebut, kendala yang sering dihadapi oleh pengusaha mikro dan kecil adalah permodalan. Hal ini disebabkan antara lain belum adanya sistem pembukuan yang tertib dan teratur yang dimiliki oleh pengusaha mikro dan kecil. Produk ini ditujukan untuk memberikan bantuan pembiayaan terhadap pengusaha mikro dan kecil baik yang sudah berjalan ataupun bagi masyarakat yang ingin mendirikan usaha. Berkenan dengan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adalah : implementasi bauran pemasaran pada produk pembiayaan mikro di BNI Syariah KC Panam Arengka ? apa kendala yang di hadapi bak bni syariah kc panam arengka saat memsarkan produkya? Dan apa solusinya dalam menghadapi kendala saat memasarkan produk? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran pada BNI Syariah KC Panam Arengka. Dimana tujuan nya adalah untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yang meliputi strategi pemasaran dan penerapan metode 7 P ( product, price, place,price, people, proses, physical evidence), pada stretegi pembiayaan mikro. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan bauran pemasaran PT BNI Syariah KC Panam Arengka. Memasarkan produk pembiayaan mikro BNI Syariah KC Panam Arengka mengutamakan keunggulan produk, dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan prosesnya yang mudah dalam artian semua dokumennya sudah lengkap. Kendala yang terjadi saat memasarkan produk pembiayaan mikro adalah kurang nya pengetahuannya masyarakat sekitar tentang bank syariah. Dan solusi dalam mengahadapi kendala adalah memberikan dakwah kepada masyarakat tentang bank syariah, melalui buku, sosial media. Para marketing melakukan pendekatan secara presuasif, sering menggunjungi nasabah. Dan menjaga sillahturahmi walaupun belum menjadi mitra bank. Kata Kunci: Pembiayaan Mikro,Bauran Pemasaran, Murabahah