في تعليم اللغة العربيّة لترقية (teks acak( فعّالية تطبيق استراتيجيّة النصّ العشوائي مهارة القراءة لدى الطلاب في مدرسة معلمين محمّدية المتوسطة بنكيننج

Main Author: Siti Nur Aisah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28554/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28554/2/SKRIPSI%20SITI%20NUR%20AISAH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28554/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Nur Aisah, (2020): Efektivitas Penerapan Strategi Teks Acak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penerapan Strategi Teks Acak dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Tsanawiyah Muallimin Muallimin Muhamadiyah Bangkinang. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Strategi Teks Acak dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan Keterampilan membaca siswa Tsanawiyah Muallimin Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang?” Penelitian ini dimulai dari observasi, merancang langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, kemudian tes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Tsanawiyah Muallimin Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol Tsanawiyah Muallimin Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C dan VIII D Tsanawiyah Muallimin Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca siswa Tsanawiyah Muallimin Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Teks acak dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Tsanawiyah Muallimin Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang. Karena nilai To = 5.67 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,01 dan taraf signifikansi 5%= 2.68 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Strategi teks acak dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Tsanawiyah Muallimin Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. Kata Kunci : Efekifitas, Strategi Teks Acak, Keterampilan Membaca.