Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru

Main Author: Ahmad Muhaimin, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28421/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28421/2/AHMAD%20MUHAIMIN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28421/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ahmad Muhaimin, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan verbal siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Factorial Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.4 yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Adapun bentuk instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda untuk mengukur kemampuan verbal siswa dan tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Tes uraian dalam penelitian ini berupa pretest yang diberikan sebelum adanya perlakuan dan posttest yang diberikan setelah adanya perlakuan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi, kemampuan verbal sedang dan kemampuan verbal rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Missouri Mathematics Project, Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Verbal.