PENGARUH PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MATHEMATICAL HABITS OF MIND SISWA SMP/MTs
Main Author: | Yuli Fransiska Putri Yatabri, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/28418/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28418/2/SKRIPSI%20YULI%20FRANSISKA%20PUTRI%20YATABRI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28418/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yuli Fransiska Putri Yatabri, (2020): Pengaruh Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Mathematical Habits of Mind Siswa SMP/MTs Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa, sehingga model pembelajaran creative problem solving menjadi salah satu alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Rengat yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki mathematical habits of mind tinggi, sedang, dan rendah, serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dengan mathematical habits of mind terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian factorial experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rengat tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.D sebagai kelas control dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket mathematical habits of mind. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran creative problem solving dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional di SMP Negeri 1 Rengat; (2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki mathematical habits of mind tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 1 Rengat; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dan mathematical habits of mind dalam mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Penalaran Matematis, Mathematical Habits of Mind