PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AL-FAJAR PEKANBARU

Main Author: Sri Wulandari, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28407/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28407/2/SKRIPSI%20SRI%20WULANDARI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28407/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sri Wulandari, (2020): Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan anak dalam berbahasa masih kurang baik dan lancar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November -Januari 2020 yang bertempat di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru Kelompok B dengan objeknya pengaruh penerapan metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru, yang terdiri dari kelompok B3 dengan jumlah anak 19 orang dan kelas B4 dengan jumlah anak 17 orang yang bertotal 36 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.23. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bercerita terhadap perkembangan bahasa pada anak usia dini. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 18,336 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 . Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode bercerita sebelum dan sesudah perlakuan. Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Metode Bercerita