PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING DI TOKO KLINIK SELERA BANGKINANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Main Author: NAJATI RINANDA, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/28224/1/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28224/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/28224/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Najati Rinanda (2020): “Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Impulse Buying di Toko Klinik Selera Bangkinang Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam” Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah semakin pesatnya pertumbuhan bisnis kuliner khususnya untuk makanan olahan seperti frozen food dan aneka macam kue serta minuman kekinian. Salah satu usaha kuliner yang sedang berkembang pada saat ini adalah toko Klinik Selera Bangkinang. Sejak awal memulai usaha hingga sekarang sudah memiliki dua cabang dimana toko tersebut menawarkan banyak jenis produk namun tidak tertata dengan baik. Supaya tetap dapat mempertahankan eksistensi usaha, pemilik harus bisa memanfaatkan peluang-peluang dengan memilih strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan keragaman produk terhadap impulse buying di Toko Klinik Selera Bangkinang ditinjau dari perspktif ekonomi Islam. Metode pengambilan sampel secara accidential sampling dengan teknik sampling kemudahan, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden diambil dari konsumen toko Klinik Selera Bangkinang. Teknik pengumpulan data wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji hipotesis penelitian menggunakan SPSS 21. Terdapat pengaruh yang signifikan store atmosphere dan keragaman produk terhadap impulse buying di Toko Klinik Selera Bangkinang. Hal tersebut karena, untuk variabel store atmosphere nilai t hitung > t tabel yaitu 2,503 > 1,98580 dengan nilai signifikan sebesar 0,014 < 0,05 yang berarti H01 ditolak dan Ha1 diterima dan untuk variabel keragaman produk nilai t hitung > t tabel yaitu 4,516 > 1,98580 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H02 ditolak dan Ha2 diterima. Terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara store atmosphere dan keragaman produk terhadap impulse buying, hal ini sebab dalam uji statistik f diperoleh fhitung > ftabel yaitu 20,389 > 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H03 ditolak dan Ha3 diterima. Hasil uji regresi linier berganda Y= 12,502 + 0,141 X1 + 0,408 X2 artinya apabila variabel store atmosphere ditingkatkan 1 satuan maka impulse buying akan meningkat sebesar 0,141 dan (+) artinya bahwa store atmosphere berpengaruh positif terhadap impulse buying dan apabila keragaman produk ditingkatkan 1 satuan maka impulse buying akan meningkat sebesar 0,408 dan (+) artinya bahwa keragaman produk berpengaruh positif terhadap impulse buying. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,305 yang artinya store atmosphere dan keragaman produk memberikan pengaruh sebesar 30,5% terhadap impulse buying dan 69,5% merupakan impulse buying dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Ditinjau dari ekonomi Islam, store atmosphere dan keragaman produk di Toko Klinik Selera sudah sesuai dengan anjuran Islam dimana toko harus bersih dan indah serta produk yang ditawarkan memenuhi syarat untuk dikonsumsi, walaupun dari segi kerapian penyusunan produk harus lebih diperhatikan. Kata kunci: store atmosphere, keragaman produk, impulse buying.