Daftar Isi:
  • Penelitian ini, dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan dimana guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP ) di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, bahwa kepemimpinan kepala sekolah menurut para guru sudah baik dan motivasi kerja guru juga sudah baik. Namun demikian, kinerjanya masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru; mengetahui hubungan motivasi kerja guru dengan kinerja guru ; dan mengetahui hubungan secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP ) di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis mengambil data dengan teknik obeservasi, angket, dan dokumentasi. Setellah data diperoleh, kemudian diolah ecara statistic dengan beberapa tahap, Analisis Pendahuluan, Analisis Uji Pra-Syarat Analisis, dan Analisis Uji Hipotesis. Dalam pelaksanaannya, ketika memproses data penulis menggunakan bantuan perangkat komputer dengan program SPSS (Statistical Program Society Science ) versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Variabel kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP ) di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kedua, Variabel motivasi kerja guru mempengaruhi Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP ) di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. dan Ketiga. hasil korelasi ganda menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen (kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru )terhadap variabel dependen (kinerja guru ) adalah sebesar 81.5%, sedangkan sisanya yaitu 18.5% dipengaruhi oleh variabel lain selain kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi kerja guru. Diantara faktor lain itu, misalnya tingkat pendidikan, pengalaman kerja, kenyamanan kerja, lingkungan kerja dan lain sebagainya