USULAN STRATEGI PEMASARAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI ESL EXPRESS BERDASARKAN PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMEN DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING
Main Author: | DELFI MAIROZA, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/28039/1/full%20lapooran%20kecuali%20bab%20iv%20dan%20v.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28039/2/bab%20iv%20dan%20v.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/28039/ |
Daftar Isi:
- USULAN STRATEGI PEMASARAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI ESL EXPRESS BERDASARKAN PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMEN DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING Misra Hartati, ST.MT1), Delfi Mairoza2). 1,2Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. *Email: misrahartati@gmail.com *Emali: delfi.mairoza@gmail.com ABSTRAK ESL EXPRESS merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia yang memberikan pelayanan jasa untuk pengiriman barang ke berbagai daerah atau kota. Namun, semakin banyak perusahaan jasa pengiriman barang menyebabkan banyaknya pesaing dalam perusahaan jasa pengiriman. Hal ini menyebabkan ESL EXPRESS kurang menjadi prioritas bagi pelaku UKM dalam melakukan pengiriman barang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran jasa pengiriman barang berdasarkan preferensi dan persepsi konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multidimensional Scaling. Metode ini merupakan salah satu prosedur untuk memetakan atau mengelompokkan preferensi dan persepsi konsumen berdasarkan kemiripan secara visual dalam suatu geometri yang disebut dengan perceptual map. Setelah menganalisa keinginan konsumen dalam memilih jasa pengiriman barang menggunakan kuesioner preferensi dan mengetahui nilai kedekatan ESL EXPRESS dengan beberapa pesaing menggunakan kuesioner persepsi. Data diolah menggunakan metode Multidimensional Scaling untuk memetakan kemiripan secara visual antar atribut dan perusahaan pesaing. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa usulan strategi pemasaran jasa pengiriman barang berdasarkan konsep bauran 7P (Marketing Mix). Kata Kunci : Marketing Mix , Multidimensional Scaling, Persepsi, Perceptual Map, Preferensi, Usulan Strategi Pemasaran