Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer (AO) berbantuan Media Dart Board Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi

Main Author: Syuci Rahayu Wulandari, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27977/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27977/2/SYUCI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27977/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Syuci Rahayu Wulandari, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer (AO) berbantuan Media Dart Board Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbantuan Media Dart Board Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada materi Laju Reaksi kelas XI IPA SMAIT Al-Ittihad Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI IPA Pa (kelas eksperimen) dan XI IPA Pi (kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test. Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbantuan Media Dart Board Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test menggunakan SPSS 21. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 ( 0,000 < 0,05 ). Hal ini dapat disimpulkan bahwa H a diterima dan H o ditolak. yang berarti menunjukkan adanya pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbantuan Media Dart Board Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas XI IPA SMAIT Al-Ittihad Pekanbaru. Adapun besarnya pengaruh model Pembelajaran Advance Organizer berbantuan media Dart Board terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan menghitung koefisien determinasi (r 2 ), sehingga diperoleh koefisien pengaruh sebesar 54,43%. Kata Kunci: Advance Organizer (AO), Kemampuan Berpikir Kritis, Laju Reaksi.