ANALISIS MODEL MENTAL SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BENTUK MOLEKUL
Main Author: | Erlin Azmi Siregar, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27916/1/SKRIPSI%20ERLINA%20AZMI%20SIREGAR.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27916/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27916/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Erlin Azmi Siregar, (2020): Analisis Model Mental Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada Materi Bentuk Molekul. Profil model mental siswa sangat dibutuhkan untuk mengetahui keberhasilan dan kesulitan siswa dalam menggambarkan level representasi makroskopik, mikroskopik dan simbolik sebagai karakterisktik ilmu kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil model mental siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap model mental siswa di kelas X MIA. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Pekanbaru dengan materi pokok bentuk molekul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mixed Method Research) yaitu menggabungkan antara jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian model Exploratory Design. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa berdasarkan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa diagnostik two-tier dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan profil model mental siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash memiliki 70% model mental utuh dan 30% model mental alternatif sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki 37% model mental utuh dan 63% model mental alternatif. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap model mental siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS memperoleh sig. (2-tailed) = 0,000, yang artinya 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan media pembelajaran sejenis pada materi terkait untuk mendukung model mental siswa. Kata Kunci: Model Mental Siswa, Macromedia Flash, Bentuk Molekul.