DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KELAS X IPA SMA
Main Author: | Astari Shakina, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27911/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27911/2/ASTARI%20SHAKINA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27911/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Astari Shakina, (2020): Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe sebagai Sumber Belajar pada Materi Bentuk Molekul Kelas X IPA SMA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fasilitas pembelajaran berbasis teknologi bagi peserta didik dalam pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas dari media yang didesain. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Pekanbaru tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 12 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Subjek dari penelitian adalah pihak yang melakukan uji validitas (ahli media dan ahli materi) dan uji praktikalitas (guru dan peserta didik).Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Hasil akhir produk berupa media pembelajaran yang valid. Media pembelajaran berbasis videoscribe pada materi bentuk molekul yang dihasilkan telah teruji valid oleh ahli media dan ahli materi dengan persentase rata-rata 91,87% (sangat valid) dan teruji praktis oleh 2 orang guru kimia dan 12 orang peserta didik dengan persentase ratarata 91,02% (sangat praktis). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis videoscribe pada materi bentuk molekul sudah valid dan praktis sehingga dapat dilakukan uji coba pada tahap selanjutnya. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kimia, Videoscribe, Bentuk Molekul.