Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah

Main Author: Afriadi Wijaya, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27863/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27863/2/gabungan%20kecuali%20bab%20iv.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27863/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Afriadi Wijaya, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah Kemampuan pemahaman konsep sebagian siswa masih rendah, tidak adanya usaha yang dilakukan siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep pada meteri ekonomi, kurangnya kerja sama antar siswa dalam memahami konsep ekonomi yang diberikan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis deskiptif kuantitatif, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada mata pelajaran Ekonomi, adapun populasi dalam penelitian adalah satu orang guru ekonomi dan seluruh siswa jurusan IPS kelas XI dengan jumlah siswa 57 orang siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana yaitu rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,266<0,667>0,345) sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah adalah sebesar 47,3% sedangkan sisanya 52,7% dipengaruhi faktor lain. Kata kunci: Pengaruh, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Pemahaman Konsep