ANALISIS PERAN GENERASI MILENIAL PADA STRATEGI FUNDRAISING DOMPET DHUAFA DI KOTA PEKANBARU

Main Author: Yona Fitri, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27859/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27859/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27859/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yona Fitri (2020): Analisis Peran Generasi Milenial pada Strategi Fundraising Dompet Dhuafa di Kota Pekanbaru Pengumpulan dana atau sering disebut fundraising adalah kegiatan yang sangat penting bagi lembaga pengelolaan zakat, infaq dan sedekah. Apabila kegiatan fundraising tidak dilakukan oleh sebuah lembaga pengelola zakat, bisa dipastikan kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar. Karena fundraising ini tidak identik dengan uang semata, melainkan ruang lingkupnya lebih luas dan mendalam. Salah satu Lembaga Pengelola Zakat di Indonesia yaitu Dompet Dhuafa (DD) yang telah menerapkan konsep fundraising. Maka dalam hal ini, proses fundraising diharapkan dapat menjadi konsep yang tepat guna sehingga dana dapat terkumpul secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi fundraising yang dilakukan Dompet Dhuafa di kota Pekanbaru, untuk mengetahui peran generasi milenial pada strategi fundraising Dompet Dhuafa, dan untuk mengetahui factor pendorong dan penghambat Dompet Dhuafa pada strategi fundraising. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pimpinan dan staf Dompet Dhuafa dengan sampel sebanyak 3 orang yakni manajer dan staff REMO (fundraising) dengan metode wawancara. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut bahwa Strategi fundraising yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa terdiri atas 2 yaitu direct (secara langsung) dan indirect (secara tidak langsung). Peran generasi milenial pada strategi fundraising adalah melalui sebuah proses fundraising yaitu dengan cara mempengaruhi, memberitakan, mengingatkan, membujuk dan mendorong hal tersebut gunanya untuk menimbulkan kesadaran, motivasi dan kepedulian calon muzakki. Faktor pendukung Dompet Dhuafa dalam menggalang dana adalah letak geografis Dompet Dhuafa yang terletak di pusat provinsi dan terletak ditengah kota, mempunyai payung hukum yang jelas, memiliki manajemen pengelolaan yang baik, mempunyai program unggulan serta memanfaatkan media social dan rekening bank sehingga memudahkan para donator yang ingin menyumbangkan dananya. Faktor penghambatnya yaitu, banyaknya perusahaan yang belum bisa diajak kerjasama, keterbatasan pengetahuan SDM, keterbatasan fasilitas dan ketidakmampuan lembaga karena masih banyaknya masyarakat yang kurang tahu. Kata Kunci : Fundraising, generasi milenial, Strategi