PENGARUH FAKTOR GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN PREMIUM APLIKASI STREAMING MUSIK SPOTIFY (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

Main Author: Wahyu Pangestu, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27845/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27845/2/BAB%20V%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27845/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini penting untuk dilakukan karena melihat banyaknya mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang menggunakan aplikasi streaming musik Spotify sehingga menarik untuk mengetahui bagaimana faktor gaya hidup dan kelompok referensi mempengaruhi mereka untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian layanan premium aplikasi streaming musik Spotify pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, baik secara parsial dan simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang didapatkan dari pengisian kuesioner dan data sekunder yang didapatkan dari website perusahaan dan lembaga- lembaga yang bersangkutan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dengan teknik nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode analisa data adalah metode analisis statistik dengan menggunakan software IBM SPSS statistics 22, berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian layanan premium aplikasi streaming musik Spotify.