PENGARUH SELF REGULATED LEARNING (SRL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Main Author: | Devi Dirgantini, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27756/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27756/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27756/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Devi Dirgantini, (2020): Pengaruh Self Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh self regulated learning (SRL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek dari penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objeknya adalah pengaruh self regulated learning (SRL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 167 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 102 orang siswa kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase dan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self regulated learning (SRL) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur tergolong baik yaitu dengan persentase 78,17%, sedangkan hasil belajar siswa dikategorikan belum baik mencapai rata-rata sebesar 71,37. Berdasarkan analisis data bahwa self regulated learning (SRL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur yang terbukti dari nilai thitung>ttabel (8,971 > 1,660) dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yang berarti Hα diterima, Hο ditolak. Hal ini dilihat dari persentase sumbangan pengaruh self regulated learning (SRL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur sebesar 44,6%, sedangkan sisanya 55,4% (100% - 44,6%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Self Regulated Learning (SRL), Hasil Belajar