PENGARUH PENERAPAN MODEL TIME CONTINUUM DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | SITI BUDIAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2773/1/2013_2013296PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2773/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil dan motivasi belajar matematika siswa menggunakan model time continuum dengan strategi kooperatif teknik berkirim salam dan soal dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ““apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model Time Continuum dengan strategi kooperatif teknik berkirim salam dan soal dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?” dan apakah terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa menggunakan model Time Continuum dengan strategi kooperatif teknik berkirim salam dan soal dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 68 orang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA5 dan VIIIB3. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, angket dan tes. Dalam penelitian, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan menggunakan menggunakan model time continuum dengan strategi kooperatif teknik berkirim salam dan soal kemudian satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian hasil dan motivasi belajar matematika siswa dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan penerapan model time continuum dengan strategi kooperatif teknik berkirim salam dan soal terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa