PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

Main Author: Al-Kindi Robbani, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27716/1/GABUNG%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27716/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27716/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Al-Kindi Robbani, (2020): Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Aktivitas Siswa dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesiapan belajar terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian exposfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020 yang belajar mata pelajaran ekonomi yaitu terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 108 siswa alas an penulis memilih kelas X IPS karena Kelas XII tidak boleh melakukan penelitian sedangkan kelas XI materinya kurang sesuai dengan indikator yang penulis terapkan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan randomsampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kesiapan belajar sebagai variabel bebas dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dan dokumentasi.Untuk melihat hasil penelitian ini digunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Microsoft Excel 2010 untuk uji R Square.hasil uji t yang menunjukkan bahwa thitung> ttabel baik taraf signifikan 5% maupun 1% (1,989<6,960>2,636) sehingga keputusan hasil uji hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Serta berdasarkan perhitungan skor Koefisien Determinasi (KD) diperoleh angka sebesar 36,9% yang menunjukkan terdapat kontribusi pengaruh sebesar 36,9% antara kesiapan belajar terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di SMAN 8 Pekanbaru. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Aktivitas Siswa