EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG KAMPAR
Main Author: | Mikyal Akbar, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27693/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27693/2/SKRIPSI%20MIKYAL%20AKBAR.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27693/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mikyal Akbar, (2020): Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan the one group pre-test post test design.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kampar.Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kampar pada tahun 2020. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa yaitu satu kelas eksperimen yang merupakan penelitian sampel dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini dibuat dengan skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS For Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mengalami peningkatan dari kategori rendah dengan rata-rata 53,2 dan setelah diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 84,9. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dari hasil analisis data bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.005 jika dibandingkan dengan signifikasi 5% maka 0.005< 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Motivasi Belajar