FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU NASABAH DALAM MENABUNG PADA UNIT USAHA SYARIAH PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

Main Author: Rahmatika Fitria, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27649/1/SKRIPSI%20GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27649/2/HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27649/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahmatika Fitria, (2020) : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah dalam Menabung pada Unit Usaha Syari’ah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syari’ah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah BTN Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru dalam menabung di BTN Syari’ah. Masalah yang diteliti adalah faktor – faktor apakah yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam menabung di BTN Syari’ah dan bagaimana tinjauan ekonomi syari’ah terhadap faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam menabung di BTN Syari’ah kantor cabang Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7.546 nasabah, sampel sebanyak 99 nasabah, metode pengumpulan data melalui kuesioner, menggunakan metode accidental sampling. Analisis data dengan metode deskriptif dan kuantitatif. Pengujian instrument menggunakan uji Validitas, Uji Reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji statistik melalui uji Ttest, Ftest koefisien determinasi (R2), serta Regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji signifikansi didapat persamaan regresi berganda sebesar Y = 4.190 + 0,450X1 + 0,140X2 + 0,802X3 + 0,127X4. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,351 atau 35,10% hal ini dapat menunjukkan bahwa ke empat variabel independen (faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi) secara simultan mampu menjelaskan terhadap variabel terikatnya sebesar 35,10% sedangkan sisanya 64,90% dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari keempat faktor tersebut faktor sosial dan faktor psikologi tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku nasabah, sedangkan faktor pribadi adalah faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap perilaku nasabah, dengan hasil sebesar 4,603 > 1,985 T tabel. Kata kunci : Faktor – faktor, Perilaku Nasabah, Bank Syari’ah.