PENGARUH MEREK (BRAND) SYARI’AH PADA HOTEL EDOTEL SYARI’AH NILAM SARI PEKANBARU TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH
Main Author: | Khairunnisa, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27639/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27639/2/TANPA%20BAB%20IV%20OK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27639/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Khairunnisa (2020): Pengaruh Merek (Brand) Syari’ah Pada Hotel Edotel Syari’ah Nilam Sari Pekanbaru Terhadap Loyalitas Konsumen Ditinjau Menurut Ekonomi Syari’ah Penelitian ini dilatar belakangi oleh marak dan menjamurnya perkembangan bisnis syariah di Indonesia, sehingga mendorong perusahaan- perusahaan untuk terjun ke dunia bisnis syariah. Salah satu perusahaan yang terjun ke dunia bisnis syariah adalah hotel Edotel Syari’ah Nilam Sari Pekanbaru. Semenjak menggunakan merek syariah, hotel tersebut bisa meningkatkan jumlah konsumen sebesar 11,65% dan tujuan dari ditambahnya merek syariah ini untuk meningkatkan keloyalitasan konsumen di hotel ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara merek (brand) syariah terhadap loyalitas konsumen di hotel Edotel Syari’ah Nilam Sari Pekanbaru. Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah mengenai penggunaan merek (brand) syari’ah pada hotel Edotel Syari’ah Nilam Sari Pekanbaru terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini berlokasi di Jalan Sarwo Edhi No.110, Suka Mulia, Kecamatan Sail, Kota Pekanbarun. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.896 orang dengan sampel 97 orang konsumen di hotel Edotel Syari’ah Nilam Sari Pekanbaru. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik pengumpulan data Accidental Sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dari hasil penelitian ini, berdasarkan hasil uji hiptotesis dengan menggunakan uji t dengan df = 95 t tabel dapat dilihat pada tabel statistik pada signifikan 0,05 sebesar 1,98525 untuk uji dua arah dan 0,025 untuk uji satu dimana nilai t hitung> t tabel yaitu 8,943>1,98525 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh secara signifikan antara merek terhadap loyalitas konsumen di hotel Edotel Syari’ah Nilam Sari Pekanbaru. Kemudian hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,457 yang artinya merek memberikan pengaruh sebesar 45,7% terhadap loyalitas konsumen dan 54,3% perubahan nilai variabel dependen (loyalitas consume) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Lalu dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,676 yang berarti bahwa korelasi antara variabel merek dengan variabel loyalitas konsumen memiliki hubungan yang kuat. Adapun tinjauan Ekonomi Syariah pada Merek (Brand) syariah sudah berdasarkan ketentuan syariah yaitu mengandung unsur kejujuran, keadilan, keterbukaan, serta tidak mengandung unsur judi, kezaliman dan lainnya merugikan pihak lain. Kata Kunci: Merek (Brand) Syariah, Loyalitas Konsumen