PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE STAY ONE STRAY (TSOS) DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TARUNA MANDIRI PEKANBARU

Main Author: SELVI WULANDARI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2762/1/2013_2013202PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2762/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok bentuk pangkat, akar dan logaritma antara siswa yang pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Three Stay One Stray (TSOS) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas X SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Taruna Mandiri Pekanbaru tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 sebagai kelas yang pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Three Stay One Stray (TSOS), dan kelas X-2 sebagai kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Three Stay One Stray (TSOS) dan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus test-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok bentuk pangkat, akar, dan logaritma antara siswa yang pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Three Stay One Stray (TSOS) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), dan diperoleh nilai t sebesar 2,86 dengan nilai signifikan 5 %sebesar 2,00 signifikan 1%sebesar 2,65(2,00 2,86 2,65) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Stay One Stray (TSOS) denganTwo Stay Two Stray (TSTS) pada pokok bahasan bentuk pangkat, akar dan logaritma di SMA Taruna Mandiri Pekanbaru, yaitu mean hasil belajar TSOS sebesar 70,95 dan mean hasil belajar TSTS sebesar 63,13.