Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe the Power of Two terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kampar Timur Kabupaten Kampar
Main Author: | YUSMAWATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2758/1/2013_2013199PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2758/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kampar Timur.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahapakahadapengaruh yang signifikanterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelas XI IPA SMANegeri 1 Kampar TimurdenganmenggunakanstrategipembelajaranaktiftipeThe Power Of Two. Penelitianinimerupakanpenelitian quasi eksperimen dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kampar Timur yang berjumlah 76 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji bartlett dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes.Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan analisis uji tes”t”, dilanjutkan dengan uji KP. Berdasarkanhasilanalisis data menunjukkannilaithitung= 2,69danttabelpadatarafsignifikan 5% dan 1% sebesar 2,00dan 2,65. Hal inimenunjukkanbahwathitung>ttabel, yang berarti H0ditolakdan Ha diterima. Jadi, dapatdisimpulkanbahwaterdapat pengaruh yang signifikanterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswakelasXI IPA SMAN 1 Kampar Timur yang menggunakanstrategipembelajaranaktiftipeThe Power Of Twopadamateristatistika dengan besarpengaruhnyaadalah16,74%