Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional terhadap perilaku prososial peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN)di Provinsi Lampung, untuk kemudian ingin mengetahui pengaruh kecerdasan terhadap perilaku prososial peserta didik MAN di Provinsi Lampung. Adapun rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah: seberapa besar pengaruh kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional terhadap perilaku prososial peserta didik MAN di Provinsi Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket ), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 312 orang peserta didik MAN di Provinsi Lampung. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji statistik regresi sederhana. Regresi sederhana adalah hubungan secara linear antara satu variable independen (X ) dengan variable dependen (Y). dan regresi ganda yakni hubungan antara tiga variable atau lebih, yaitu, sekurangkurangnya dua variable bebas dan satu variable terikat. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan menguji hipotesis dengan menggunakan teknik statistik. Setelah diujikan masalah instrument penelitian yang tersedia, peneliti menemukan data otentik mengenai a )Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap perilaku prososial peserta didik sebesar 22,9%. b) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku prososial peserta didik MAN di Provinsi Lampung sebesar 29,6%. c ) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial peserta didik MANdi Provinsi Lampung sebesar 30,2%, d) Pengaruh kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional secara bersama-sama terhadap perilaku prososial peserta didik di MAN Provinsi Lampung sebesar 46,5%. Dengan demikian jika kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional tinggi, maka perilaku prososial peserta didik akan baik.