PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING SISWA SMK DI PEKANBARU

Main Author: SUCI TIARA INSANI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27503/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27503/2/SUCI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27503/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suci Tiara Insani, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open- Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa SMK di Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari Self Regulated Learning siswa SMK Telkom Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Telkom Pekanbaru dengan sampel penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1 dan kelas X akuntansi 2 dengan siswa masing-masing sebanyak 26 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah test berupa soal posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket berupa lembar angket Self Regulated Learning, observasi berupa lembar observasi, dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Self Regulated Learning Tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMK 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Sel Regulated Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Kata kunci: Model Pembelajaran Open-Ended, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Regulated Learning.