Analisis Literasi Sains Siswa Menggunakan Pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) pada Materi Laju Reaksi
Main Author: | Juli Yani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27453/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27453/2/JULIYANI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27453/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Juli Yani, (2020) : Analisis Literasi Sains Siswa Menggunakan Pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) pada Materi Laju Reaksi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui literasi sains siswa setelah menggunakan pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) pada materi laju reaksi di kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Tambusai Utara, Rokan Hulu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes essay dan didukung dengan wawancara tidak terstruktur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil tes essay nilai rata-rata setiap indikator literasi sains pada aspek kompetensi sains adalah menerapkan pengetahuan yang sesuai sebesar 66.01% (baik), mengidentifikasi sebesar 69.21% (baik), menjelaskan implikasi pengetahuan ilmiah bagi masyarakat sebesar 80.94% (baik), mengusulkan cara untuk menyelidiki pertanyaan ilmiah sebesar 54,68% (cukup), dan menarik kesimpulan yang tepat sebesar 75.78% (baik). Dapat disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada aspek kompetensi sains materi laju reaksi di kelas XI MIPA 1 secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Literasi Sains Siswa, Pendekatan Socio-scientific Issues (SSI), Laju Reaksi.