PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPIT AR-ROYYAN PEKANBARU

Main Author: Siska Mardiyanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2743/1/2012_2012946.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2743/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMPIT Ar-Royyan Pekanbaru. Di mana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan cara melakukan tindakantindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPIT Ar-Royyan Pekanbaru pada semester genap Tahun Ajaran 2008/2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh guru bidang studi Matematika. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII-1 SMPIT Ar-Royyan Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-ratanya 60,38 sedangkan rata-rata setelah penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi pembelajaran langsung adalah 65,15 pada siklus I, 68 pada siklus II, dan 71,77 pada siklus III.